Tuesday, May 15, 2007

Metallica, Megadeth, dan Slayer = Musik Cengeng ??

Temen kantor saya semangat banget mengenalkan suaminya ke saya, krn menurut dia selera saya dan suaminya pasti sama, allhasil saya dan suaminya pun berkomunikasilah via yahoo messenger, kita banyak diskusi mulai dari imanissimo, nerv, pain killer, vantasma, zeke and the popo s/d mastodon, chimaira, tool, marsvolta, opeth, in flames ( jadinya saya yang lebih banyak cerita) dll, krn dia kelihatannya gak banyak tau masalah prog, sehingga diskusinya gak berlangsung dengan cukup nyaman.

So 2 hr kemudian dia cerita ama istrinya kalau interseksi-nya terlalu tipis dan dia mengklaim kalau musik saya terlalu cengeng bagi dia, hahhh ? saya kaget banget, nyaris 30 tahun lebih saya mengeksplorasi musik lintas genre dari mulai klasik, jazz, rock, metal, thrash sampai prog (juga prog met), baru kali ini ada yang menganggap musik saya cengeng, belakangan saya baru tahu kalau dia penggemar berat grindcore, tp saya masih gak habis pikir kalau model mastodon, metallica, slayer, megadeth, opeth masih dianggap cengeng dibanding "grindcore" yang dia maksud...., herannnnnnn, mungkin ada yang bisa menjelaskan atau mungkin aliran dia ini yang disebut "speed brutal sadistic death and death again ;-) metal" hwarakadah itu.. ?, apa iya kalau mukul drum sekencang dan secepatnya disertai distorsi dengan gain maksimal dan down tune serendah dan sesember mungkin plus vokalis yang ngegrowl mulai dari awal hingga akhir lagu sampai2 kita gak tau dia ngomong apa, masih enak buat didengar.. ?


Meski suka metal, tentu kita tetap harus hati2 karena banyak juga penganut okultisme yang menggunakan musik jenis ini sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran sesat, seperti "mayhem" band norwegia penganut setan yang mempunyai "inner circle community" dengan syarat pernah membunuh sebagai anggota.

Anehnya mereka mengira meneruskan jejak "Venom" band black metal asal inggris yang sebenarnya berlindung di balik trend sesat ini justru sebagai "marketing gimmick" dari karya mereka. So "moral of the story" untuk postingan ini adalah dalam hal apapun janganlah berlebih-lebihan, seperti yang dikatakan nabi Muhammad SAW.


np soad "attack"

2 comments:

Unknown said...

aku setujudengan anda bung..kliatannya apresiasi per-metal-an sampeyan mumpuni..boleh deh berbagi video konser,heheh..

Husni I. Pohan said...

waduh koleksi sih pas2an bro :)