Thursday, February 21, 2013

Ayah : Restoran Favorit

Ayah memiliki beberapa restoran favorit seperti Queen misalnya, salah satu restoran chinese food terbaik di bandung yang terletak di Jalan Dalem Kaum, terkenal dengan beberapa menu-nya seperti  burung dara saos mentega.

Kalau untuk mie baso, maka RM Linggar jati adalah favorit Ayah, letaknya di Jalan Balong Gede, dekat Mesjid Agung. Kuahnya bening dan diatas tumpukan mie-nya dihiasi irisan babat, tentu saja paling enak kalau disertai jus kacang hijau.  Restoran ini sudah berdiri lebih dari 50 tahun, dan saat ini dikelola oleh anak sang pendiri yaitu Ali Bustaman.

Saat kami di Sibolga, maka restoran favorit Ayah adalah Restoran Apollo , disebut demikian karena pemilik-nya menghiasi dinding dengan berbagai foto Apollo, suasana kokpit,  foto Neil Armstrong dengan kawan2nya berpakaian astronot, serta foto bulan. Makanan favorit disini adalah es krim-nya yang rasanya sangat lezat.

Di Denpasar, Ayah suka ke Restoran Atoom Baru di jalan Gajah Mada depan pasar kumbasari. Disini menu yang nyaris selalu kami pesan adalah asparagus. Meski yang dihidangkan asparagus, aku dan abang-ku justru mengincar potongan2 kecil daging kepiting yang disajikan bersama asparagus-nya.

Selain restoran Atoom Baru, Ayah juga memiliki warung langganan sate dan sop kambing.  Nama warung-nya aku sendiri sudah tidak ingat namun lokasi-nya di pusat kota dan dekat dengan pompa bensin. Biasanya kami kesini sehabis berenang di Sanur Seaside Cottage, dan tiba di warung dalam keadaan lapar berat. Udara restoran ini sangat panas, karena penuh sesak dengan orang2 yang makan, nasi selalu disajikan dalam keadaan panas dengan beras bali terbaik. Di sini orang2 biasa makan dengan nasi berkuah yang berasal dari keringat-nya sendiri.

No comments: