Wednesday, May 25, 2016

Jalan jalan lagi ke Singapore Part#1 of 5 : Persiapan dan Check In di Hotel V Lavender


Tanggal 5/5/2016 , kami sekeluarga bersama sekelompok teman berencana untuk jalan-jalan ke Singapore. Rombongan terbagi menjadi tiga group, group pertama berangkat duluan tanggal 4/5/2016, lalu disusul group 2 dan group 3 dengan menggunakan flight yang berbeda. Saya sekeluarga menggunakan Lion Air Flight JT150 jam 08:20, sebelumnya rombongan kami sudah memesan beberapa hal berikut via sunburst;

  • EZ-link (untuk akses transportasi MRT dengan saldo awal 12 SGD)
  • USS (Universal Studio Singapore) Ticket
  • Gardens by The Bay Ticket
  • Voucher Hotel V Lavender untuk 2 malam.
Sedangkan tiket pesawat kami pesan duluan langsung ke maskapainya untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu juga kami menyiapkan peta MRT revisi terakhir sebagai pegangan saat menggunakan fasilitas transportasi massal yang rencananya akan menjadi sarana kami saat bepergian. Juga termasuk menukarkan duit IDR ke SGD sesuai perkiraan rencana belanja. Buat saya sendiri Singapore tidak lagi merupakan surga belanja seperti dulu, sejak pernah membanding-bandingkan harga perlengkapan kamera, ternyata harga di Jakarta tidak kalah murahnya. 





Si Bungsu dan Si Sulung senang sekali mendapatkan kartu edisi khusus Batman dan Star Wars. Kuatir karena week end, saya memutuskan tidak ke Bandung melainkan langsung menuju bandara dari Jakarta bersama Si Sulung, sedangkan Si Bungsu dan Ibunya menyusul. Belakangan keputusan untuk membeli tiket duluan ternyata sangat tepat melihat antrian yang begitu panjang di USS.

Eh ternyata meski sudah bangun 03:30 dan berangkat jam 04:00 dari Grogol, jalan macet luar biasa, karena ada bottle neck di simpang menuju Bandara Soekarno Hatta dan Tanjung Priok, dan untungnya Pak Supir cukup tahu medan, serta setelah meminta izin, beliau langsung memutar via Slipi. Sesampainya di Bandara sambil menunggu Istri dan si Bungsu, saya dan Si Sulung sarapan Dunkin Donuts, dan lalu sholat subuh bergantian di Mushalla Bandara Terminal 2, Gate 1.

Sebenarnya ini bagi saya sudah merupakan kunjungan ke 5 (dan salah satunya pernah via Batam, dengan menaiki ferry dari Batam Center menuju Harbour Front), jadi saya dan keluarga ingin fokus pada destinasi lain yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya.

Jauh-jauh hari kami sudah memesan Hotel V Lavender, sayangnya saat kami tiba ternyata kolam renang sedang dalam perbaikan. Kamarnya memang relatif sempit, namun air panas melimpah ruah. Begitu sampai saya langsung mencoba mencari arah kiblat, sayang medan magnetiknya cukup kuat, sehingga saya memutuskan menggunakan aplikasi Qibla Compass Pro. Bagi kami sekeluarga menginap di sini sangat menyenangkan, hanya jarak sepelemparan batu, kita sudah langsung menemukan MRT Station Lavender, di sekitar hotel bertebaran berbagai kios makanan dan buah. Untuk tahu halal dan haramnya cukup cek sertifikat yang biasa ditempel di dekat kasir. Umumnya penjual disini juga akan melarang kita membeli jika haram, terutama jika melihat pakaian muslim yang kita gunakan. 


Karena hari pertama dan kedua, kami berencana untuk jalan sebagai rombongan, maka disini seni jalan berombongan lah harus dipakai, alias banyak sabar, karena ada saja yang mendadak ke toilet, masih tertahan di pos imigrasi, menambah saldo EZ-link, kartu EZ-linknya error, mau belanja Singtel Travel Card, dan lain-lain.  Bukan cuma itu dua anggota rombongan juga sakit, sehingga hari pertama ada dua keluarga yang memisahkan diri dan tidak ikut ke Gardens by the Bay. Setelah check in kami langsung ke MRT Station menuju Bayfront agar memiliki waktu cukup untuk eksplorasi Gardens by the Bay.  MRT Station khusus buat Gardens by The Bay sendiri rencananya baru akan beroperasi tahun 2021.  

No comments: